Palembang, 26 Septemeber 2019. Kegiatan Pengabmas digelar di Desa Pegayut Wilayah Kerja Puskesmas Pegayut KK. Dihadiri oleh Camat Kecamatan Pemulutan Induk, Kepala Dinas Kesehatan Kab. OI, Kepala Desa Pegayut, Pipa Putih, Simpang Pelabuhan Dalam, Kepala Puskesmas Pegayut dan Kepala Puskesmas Pemulutan, Pejabat Pemerintah OI, Petugas Puskesmas, Bidan Desa, Kader, Toloh Masyarakat dan Direktur Poltekkes Kemenkes Palembang beserta Wakil Direktur I, Ketua Jurusan, Ka. Prodi, Dosen, Staff dan Mahasiswa dari Poltekkes Palembang yang akan melaksanakan Pengabdian Masyarakat pun hadir di kegiatan ini.

Tujuan umum dari kegiatan ini ialah diharapkan Terbangunnya sebuah model pengabdian kepada masyarakat terpadu dengan intervensi lintas profesi berbasis Interprofessional Collaboration (IPC) dan pendekatan InterProfessional Education (IPE) di Desa Simpang Pelabuhan Dalam dan Desa Pegayut Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir (OI).

Adapun tujuan khusus dari kegiatan ini yaitu Menerapkan model pengabdian kepada masyarakat terpadu dengan intervensi lintas profesi berbasis Interprofessional Collaboration (IPC) dan pendekatan InterProfessional Education (IPE) di Desa Simpang Pelabuhan Dalam dan Desa Pegayut Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir (OI), Mengembangkan budaya berbagi ilmu pengetahuan, keterampilan dan menyatukan persepsi para dosen yang berbeda profesi/bidang ilmu dalam mengidentifikasi, memecahkan, melaksanakan dan mengevaluasi program pemberdayaan kesehatan keluarga dalam arti luas dan lingkungan secara terintegrasi, Mengembangkan kepedulian dan komitmen, serta membudayakan mahasiswa untuk berbagi ilmu dan pengalaman, menyamakan persepsi tentang sesuatu dengan keterampilan berkomunikasi yang adaptif, Mewujudkan masyarakat/keluarga sehat dan mandiri dalam rangka mendukung program Indonesia Sehat, Meningkatkan Mutu Penyelenggaraan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan mewujudkan Pengabdian Masyarakat yang berbasis riset dan Mampu melaksanakan peran prodi dalam berkolaborasi dengan prodi lain dalam identifikasi dan layanan kesehatan terintegrasi.

Output dari kegiatan ini adalah terbentuknya model pengabdian kepada masyarakat terpadu dengan intervensi lintas profesi berbasis Interprofessional Collaboration (IPC) dan pendekatan InterProfessional Education (IPE) dalam rangka membantu program pemerintah yaitu Program Kesehatan Keluarga (PROKESGA) melalui pendekatan keluarga untuk meningkatkan jumlah keluarga sehat di Desa Simpang Pelabuhan Dalam dan Desa Pegayut Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir (OI).

(Reported by : Tantri)

Leave a Comment

1 × 2 =